Data Center Google Dihias Mural

Data center Google tersebar di sejumlah kota di seluruh dunia. Sayangnya, meski menempati lahan yang luas dan berukuran besar, data center tak menarik perhatian karena tampak membosankan.

Memang, yang lebih penting adalah isi di dalam data center. Meski demikian, Google kini mulai memperhatikan tampilan luarnya agar menarik melalui Data Center Mural Project.

Sejauh ini, data center di Mayes County, Oklahoma, dan Saint-Ghislain, Belgia, sudah dihiasi gambar dari para seniman mural ternama seperti Jenny Odell dan Oli-B.

Tak sekedar membuat data center terlihat lebih menarik, mural yang ditampilkan juga berusaha memvisualisasikan fungsi sebenarnya dari data center tersebut, seperti hosting, distributing dan mengamankan informasi online dalam bahasa seni.

"Apakah itu berbagi foto, pencarian web, penerjemahan bahasa, miliaran permintaan pengguna dikirim ke cloud setiap harinya," sebut Vice President Google Data Centers Joe Kava writes, seperti dilansir Engadget.

"Hanya sedikit orang yang tahu informasi seperti ini. Karena data center adalah bangunan yang dikenal tidak menarik. Orang jarang tertarik mempelajari struktur bangunan data center yang mengagumkan dan mengetahui setiap aktivitas di dalamnya yang memungkinkan kehidupan modern terwujud," sebutnya.

Selanjutnya, data center di Dublin, Irlandia dan Council Bluffs, Iowa mengantre untuk dihias mural. Kava mengatakan proyek ini akan diterapkan pada data center Google di seluruh dunia.

Sumber: inet.detik.com

- - -

SentraColo - Solution For Your Data Center